Cara Install Wordpress di Localhost
Cara Install Wordpress di Localhost Menggunakan XAMPP

Cara Install WordPress di Localhost [Offline]

Posted on

Cara Install WordPress di Localhost – Jika Anda ingin memiliki blog sendiri secara gratis, Anda bisa membuatnya pada layanan CMS gratis seperti blogger atau bisa juga di WordPress.com. Keduanya memang gratis, Namun tentunya sesuatu yang gratis tak akan pernah memberikan akses penuh dan sangat terbatas. Menggunakan WordPress gratis di WordPress.com, jangan harap dapat mempelajari dan mendalami tentang WordPress, baik dari penggunaan WordPress themes, plugin WordPress maupun optimasi SEO WordPress itu sendiri.

Menginstall WordPress pada Hosting merupakan pilihan tersendiri yang sering dikenal sebagai WordPress Self Hosted. Anda bisa mempelajari dan menikmati seluruh fasilitas WordPress secara penuh tanpa ada batasan apapun. Anda bisa menginstall tema dan mengeditnya sesuai dengan keinginan Anda sendiri, dan juga dapat menambahkan plugin sesuai kebutuhan situs WordPress Anda.

Jika Anda ingin belajar WordPress Self Hosted secara penuh memang membutuhkan uang untuk mendapatkan domain dan hosting, tetapi jika Anda masih belum ingin membeli hosting dan hanya ingin belajar menggunakan WordPress saja, Anda bisa mempelajarinya secara offline dengan membuat webserver sendiri di localhost pada komputer Anda, WordPress bisa Anda install di komputer atau laptop Anda tanpa terhubung dengan Internet.

Sebelum memulainya, Anda membutuhkan 2 software yang pendukung yang terinstall di komputer Anda yakni Server lokal menggunakan Aplikasi XAMPP dan WordPress itu sendiri (kedua aplikasi tersebut gratis).

1. Install XAMPP

Dalam membuat webserver lokal sendiri, Anda harus menginstall aplikasi ini terlebih dahulu. Jika Anda belum mengerti Cara Install XAMPP, silahkan simak artikel ini.

2. Buat Database

Pada langkah ini, Anda akan membuat database untuk WordPress Anda. Silahkan buka web browser Anda dengan mengunjungi link URL http://localhost/phpmyadmin.



Klik menu “Database” yang berada pada menu bagian atas, dan tuliskan nama database yang diinginkan pada kolom yang tertersebut sesuai dengan keinginan Anda, pada contoh di sini saya mengetikkan nama “wordpress” untuk database saya, kemudian klik tombol “Create”.

3. Download WordPress

Sebelum menginstall, pastinya Anda harus mendownload file WordPress terlebih dahulu. Cara Download WordPress pertama-tama Anda buka link URL https://wordpress.org/download/.



Pada laman tersebut, silahkan Anda klik Download WordPress 4.8.1. Karena WordPress ini termasuk dalam kategori Aplikasi Web, maka akan ada update secara berkala yang dilakukan oleh developer dari WordPress itu sendiri. Setelah selesai mendownload, ekstrak file WordPress tadi yang berformat .zip ke direktori C:/xampp/htdocs/

4. Persiapan Install WordPress

Pada langkah ini Anda akan memulai Menginstall WordPress di Localhost. Pertama, buka browser terlebih dahulu dan ketikkan URL berikut pada address bar http://localhost/wordpress. Nah nama setelah URL http://localhost/ disesuaikan dengan nama folder hasil ekstrak file WordPress yang tadi Anda Download.

Setelah akses link URL tersebut, silahkan tekan enter dan tampilan awal proses instalasi WordPress akan diawali dengan pemilihan bahasa.

WordPress tersedia dalam berbagai bahasa, pilih sesuai keinginan Anda. Di sini saya memilih Bahasa Indonesia dan jika sudah memilih, klik Lanjutkan.



5. Konfigurasi Koneksi Database WordPress

Selanjutnya akan terbuka laman pemberitahuan bahwa WordPress membutuhkan beberapa informasi seperti nama database, username, password serta nama host (hostname) pada halaman berikutnya. Bagian ini sangat diperlukan untuk menghubungkan database yang tadi dibuat untuk instalasi WordPress Anda. Lalu klik tombol “Ayo!”.



Konfigurasikan rincian database berikut sesuai dengan database yang Anda buat tadi pada halaman ini:

  • Isi Database Name dengan wordpress. Jika nama databasae yang Anda buat berbeda dengan contoh yang ada di sini, Anda bisa ketikkan nama database sesuai dengan yang Anda buat seperti di langkah ke-2 tadi.
  • Username : root. Secara default, username pada phpmyadmin adalah root kecuali Anda telah mengubahnya.
  • Password : [kosongkan]. Secara default, password pada phpmyadmin tidak ada alias kosong.
  • Database Host : localhost
  • Table Prefix : wp_. Ini merupakan bagian nama awalan pada tabel yang ada di database WordPress Anda.

Setelah selesai menyelesaikan tahap ini sesuai dengan rincian, Anda bisa melanjutkan dengan klik Kirim. Di laman berikutnya, klik pada tombol Jalankan Instalasi dan tunggu WordPress beberapa saat untuk berkomunikasi dengan database. Jika informasi yang diberikan pada halaman rincian database tadi tidak benar, Maka Anda akan mendapatkan beberapa kesalahan / galat saat proses ini berjalan.

6. Konfigurasi Profil Website dan Admin WordPress

Jika proses langkah-langkah sebelumnya telah berhasil, maka saat ini WordPress akan terhubung ke database Anda dan akan tampil halaman yang akan meminta data blog atau website yang akan Anda buat dengan WordPress yang sedang diinstall seperti nama situs, username, password dan email. Pastikan username dan password di buat sebaik dan se-aman mungkin dan perlu diingat betul, karena Anda akan membutuhkannya untuk login ke bagian WordPress admin atau Dashboard yang nantinya berfungsi sebagai tambah artikel,dan lain-lain.



7. Login WordPress

Setelah selesai konfigurasi website pada langkah tersebut, klik Install WordPress. Jika berhasil maka akan muncul halaman yang menyatakan Berhasil. Kemudian Anda bisa login ke dashboard wordpress anda. Pada halaman tersebut Anda bisa langsung klik tombol Log Masuk atau bisa juga mengunjungi URL http://localhost/wordpress/wp-login.php.php



Nah mudah bukan? Dengan menggunakan WordPress, Anda akan mendapatkan fitur premium lebih dari Blogger (Blogspot). Pada dasarnya fungsi nya sama. Hanya saja CMS WordPress lebih terlihat professional dan tidak dipandang sebelah mata oleh para developer-developer.

Sekian tutorial ini saya buat, jika merasa kesulitan dalam Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan XAMPP, Anda bisa tanyakan lebih lanjut melalui kolom komentar, sosial media, dan bisa juga melalui layanan kontak kami. Mohon maaf bila banyak kekurangan. Terimakasih atas kunjungannya, Wassalamu’alaikum wr. wb.

Gravatar Image
Seorang mahasiswa sederhana yang menyukai hal-hal baru

5 thoughts on “Cara Install WordPress di Localhost [Offline]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *