Belajar HTML
Belajar HTML

Belajar HTML Dasar : Pengenalan Basic Tag HTML

Posted on

Sebuah website umumnya ditampilkan oleh sebuah aplikasi atau software browser baik mobile maupun desktop. Browser sendiri dalam menampilkan website tersebut dengan cara membaca dan menerjemahkan bahasa yang digunakan untuk sebuah website, yaitu HTML. >HTML (Hypertext Markup Language) adalah syntax atau kode komponen yang mendasari dan digunakan untuk membangun website.

Hypertext Markup Language merupakan standar bahasa yang sering digunakan untuk menampilkan dokumen web. Adapun fungsi dari HTML yaitu:

  • Mengontrol webview dari web beserta contentnya.
  • Mempublikasikan dokumen via online sehingga dapat di akses oleh komputer seluruh dunia.
  • Membuat formulir online yang biasanya digunakan untuk menangani pendaftaran atau juga transaksi jual-beli online.
  • Menambahkan objek-objek lain seperti image (gambar), audio (suara), video dan juga animasi JavaScript dalam dokumen HTML.

Pengertian TAG dalam HTML

Sebagai sebuah markup language, HTML membutuhkan cara komunikasi untuk memberitahu web browser untuk apa dan bagaimana fungsi sebuah text. Apakah text tersebut diimplementasikan sebagai sebuah paragraf, list/daftar, atau sebagai link text?

Dalam dunia HTML, tanda ini dikenal sebagai tag. Hampir semua tag di dalam HTML diimplementasikan secara berpasangan, yaitu tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yang terlewati perintah tag berada di antara tag pembuka dan penutup ini. Objek disini dapat berupa text/paragraf, gambar/visual, maupun video/audiovisual. Penulisan tag dalam HTML dituliskan di antara dua kurung siku:

<tag_pembuka>objek yang ditujukan untuk perintah tag</tag_penutup>

Basic TAG HTML

Semua bahasa pemrograman memiliki komponen utama, begitu juga dengan HTML. Komponen penting tersebut yaitu:

1. HTML : Setiap membuat dokumen HTML, deperlukan tag pembuka <html> dan penutup </html>

2. HEAD : Bagian header dari document HTML di apit oleh tag <head> </head> pada bagian ini biasanya memuat tag <title> yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Header juga bisa memuat META tag yang sering digunakan untuk menentukan deskripsi atau keyword pada informasi tertentu mengenai dokumen HTML. Anda juga bisa menentukan author-name, short/long tail keywords, dan lainyan pada META tag.

3. BODY : Pada tag body ini biasa di gunakan untuk menampilkan text/artikel, gambar/picture, link dan semua atribut yang ada di dalamnya yang akan dibaca dan ditampilkan pada web-page di browser Anda. Selain itu, di dalam tag <body> juga bisa kita sisipkan sytax JavaScript applet untuk perintah berbasis flash player ataupun animasi web lainnya. Jadi, jika kita implementasikan komponen / tag dasar pada html bisa kita tuliskan sebagai berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<tittle> Judul Website </tittle>
</head>
<body>

isi konten

</body>
</html>

Perlu diketahui, HTML bukan merupakan bahasa pemrograman layaknya java ataupun lainnya. Karena ini merupakan markup language yang memiliki kemampuan untuk menampilkan hypertext. Hypertext sendiri adalah sekumpulan teks yang bisa menampilkan atau berwujud paragraf, teks berjalan, link, gambar, dan lain sebagainya. Demikian penjelasan tentang Pengenalan Basic Tag HTML. Jika Anda kurang mengerti tentang apa yang sudah saya jelaskan, bisa Anda komentar atau menghubungi saya pada form Kontak. Terimakasih, Wassalamu’alaikum wr wb.

Gravatar Image
Seorang mahasiswa sederhana yang menyukai hal-hal baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *