6 Tips Cara Menjual Produk Lewat Blog
6 Tips Cara Menjual Produk Lewat Blog

6 Tips Cara Menjual Produk Lewat Blog

Posted on

Banyak blogger meraup puluhan ribu per bulan, akan tetapi meraup keuntungan itu sendiri tidak hanya datang dari pendapatan pasif iklan sendiri. Beberapa blogger bergantung pada penjualan produk untuk membuat blog mereka menguntungkan.

Itu terdengar seperti tugas yang menakutkan, tetapi menjual produk secara online adalah salah satu usaha yang paling menguntungkan di era abad 21 ini. Pasar ritel online sekarang sangat menguntungkan, menjanjikan keuntungan bagi mereka yang dapat menembus itu. Menurut NChannel, pembelanja online rata-rata menghabiskan uangnya hingga $1.700 per tahun (sekitar 17 hingga 20 juta rupiah) hanya pada e-commerce.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak potensi dalam menjual produk di blog, khususnya blog Anda sendiri, tetapi ketika bakat Anda adalah menulis dan bukan bisnis, tak masalah. Justru itu merupakan potensi untuk memasarkan produk dan melihat pendapatan yang besar dari usaha Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak Tips Cara Menjual Produk di Blog di bawah ini:

1. Jadilah Otentik Dalam Pemasaran

Anda mungkin tidak sepenuhnya mengerti bagaimana cara menjalankan bisnis, tetapi jika Anda seorang penulis yang sukses, Anda tahu bagaimana cara membuat koneksi atau jaringan otentik yang kuat dengan orang-orang. Khususnya blogging platform, pelanggan ingin adanya obligasi dengan produk dan platform Anda, dan mereka bersedia membayar sedikit tambahan untuk itu.

Poin utama untuk menjadi otentik melibatkan pertemuan langsung dengan pelanggan Anda. Ketika Anda telah diikat Penawaran khusus dalam posting blog Anda, akan jelas bahwa dengan mengklik pada link, pembaca akan pergi ke toko Anda untuk informasi lebih lanjut. Tak seorang pun suka tertipu untuk melakukan hal-hal, dan Anda tidak perlu berbohong membuat orang ke halaman produk Anda.

2. Gunakan Halaman FAQ (Frequently Ask Question)

Online shop menawarkan beberapa challenges unik dalam proses jual beli selama pelanggan memesan dari rumah dan tak dapat bertanya secara spesifik tentang produk. Anda dapat menyelesaikan permasalahan ini tentang hal-hal seperti pengiriman standar, retur/refund barang, jaminan, kualitas produk, biaya ongkir, melalui halaman FAQ yang rinci.

Fungsi dari FAQ sendiri bisa digunakan untuk forum atau lebih seringnya digunakan untuk halaman yang memuat berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh costumer. Hal ini akan memudahkan mereka (customer) yang masih bingung tentang rincian dan prosedur pemesanan dari produk anda.

3. Membuat Penawaran Khusus Agar Mudah Dicari

Mayoritas orang-orang suka diskon dan promo khusus lainnya. Ini adalah cara yang tepat untuk memanuver pembeli untuk segera melakukan pembelian, tapi ini hanya efektif jika tawaran ini mudah ditemukan dan sangat terlihat. Cara yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas tawaran adalah dengan menggunakan warna-warna cerah dan frase yang menarik perhatian.

Hal ini bisa disebut dengan ‘creating a call to action’ pada halaman tujuan. Penawaran Anda harus menjelaskan apa yang pembaca harus lakukan untuk mengambil langkah berikutnya dan harus diulang beberapa kali seluruh laman situs web. Sesuatu yang sederhana seperti sebuah tombol yang mengatakan “Beli sekarang!” dapat membuat arahan agar pembaca ke laman mana yang kita targetkan.

4. Gunakan Sosial Media Untuk Promosi

Sudah banyak blogger menghasilkan hasil yang lumayan dengan media sosial. Pembaca akan stay tune untuk melihat apakah Anda memiliki update baru sehingga memungkinkan mereka berpikir akan share di beranda pembaca itu sendiri. Anda dapat mengambil keuntungan pembaca itu yang secara tidak langsung mempromosikan produk. Buat produk Anda tampak diinginkan pelanggan, menampilkan diri menggunakan produk, menjelaskan mengapa produk ini sangat recomended.

Anda juga dapat menyulap akun sosmed Anda menjadi pusat informasi sekaligus mempromosikan produk. Misalnya, halaman Facebook Anda bisa fitur galeri dengan fakta-fakta yang berguna dan informasi. Anda juga dapat membuat papan Pinterest produk dan barang-barang non-kompetitif yang berhubungan dengan mereka.

5. Menulis Postingan Informatif

Biasanya blog itu selalu mengacu pada topik (niche) utama, tetapi Anda dapat menyisipkan beberapa postingan promosi untuk membuat kesan yang lebih bagi pembaca. Anda mungkin berbicara tentang menggunakan berguna untuk produk Anda atau memiliki pengalaman pembaca.

Salah satu contohnya misalkan Anda memposting topik utama yang membahas tidak jauh dari tema produk Anda. Tambahkan sedikit kalimat-kalimat promosi, bisa juga dengan menyertakan link rekomendasi yang mengarahkan pada toko online Anda. Ini adalah cara yang tepat untuk membuat pembaca merasa tepat dan tidak sia-sia mengunjungi laman postingan Anda.

6. Update Produk Secara Berkala

Pelanggan menjadi bosan dengan persediaan yang monoton, terutama jika Anda mensuplai stok dengan produk yang hanya satu kali pembelian, seperti pakaian. Gudang stock Anda sebaiknya terus berkembang dengan produk-produk baru supaya tetap terlihat menarik dan pelanggan tetap tertarik.

Anda tetap bisa menyimpan hal-hal klasik di toko Anda, tetapi sangat penting untuk memperkenalkan produk baru secara teratur. Menerima kritik dari pelanggkan agar menghasilkan ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas toko Anda.

Gravatar Image
Seorang mahasiswa sederhana yang menyukai hal-hal baru

One thought on “6 Tips Cara Menjual Produk Lewat Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *